8 Tips Cari Tiket Murah ke Eropa

14 comments
Kadang, tiket pesawat bisa memakan setengah dari budget jalan-jalan kita. Apalagi destinasi wisata kita yang jauh banget seperti Eropa atau Amerika Serikat. Minimal biaya yang harus kita keluarkan hanya untuk tiket pesawat adalah USD 800, itupun kalo dapet harga promo. Dulu AirAsia X pernah melayani rute Kuala Lumpur ke Paris direct yang kalo promo, kita bisa dapet 6 jutaan sudah pulang pergi. Murah banget kan! Tapi rute tersebut sudah ditutup, mau enggak mau kita harus pakai full board airlines.

Untuk tujuan Eropa, harga murah tiket pp full board airlines ada di kisaran USD 800 - 1100, kurang dari itu, langsung sikat beli aja! Lebih dari itu, cari alternatif lain. Saya sendiri mendapatkan tiket pulang pergi Kuala Lumpur ke Paris direct menggunakan Malaysia Airlines seharga 10 jutaan rupiah, kalau ditambah Jakarta ke Kuala Lumpur yang 1 jutaan, harga totalnya masih masuk budget saya yang USD 1000 (asumsi USD 1 = Rp 12.000). Nah, gimana caranya supaya kita bisa dapet tiket di kisaran harga tersebut? 

1. Maskapai Timur Tengah seperti Emirates, Qatar, Saudi Arabian, dan Etihad biasanya lebih harganya lebih murah daripada maskapai Eropa atau Asia seperti Air France, British Airways, KLM, Lufthansa, Singapore Airlines, Cathay Pacific, atau Garuda Indonesia. Tapi ini nggak selalu pasti, seringkali saya sering mendapatkan harga tiket pp Jakarta ke Frankfurt seharga USD 700-an dari Lufthansa, tapi jangka waktu pembeliannya lebih dari 3 bulan, kalau belum confident dapat visa, pembelian impulsive seperti itu bisa berisiko karena visa belum tentu dapet. Kalau kamu yakin dapat visa sampai 70%, beli saja. 

2. Sesuaikan periode terbang dengan musimnya. Misalnya, bulan Juni sampai Agustus adalah musim liburan, makanya harga tiketnya juga akan lebih mahal karena permintaan tinggi. Pilihlah musim sepi (low season) seperti dari bulan Desember ke Maret. 

3. Manfaatkan website pencari tiket multi maskapai seperti www.skyscanner.co.id atau www.kayak.com yang bisa ngasi alternatif harga. Saya pernah nemu tiket murah banget dari Vietnam Airlines dan Saudi Arabia tujuan Eropa, 8 jutaan rupiah saja, dari website seperti ini. Skyscanner bahkan bisa merekomendasikan tanggal harga murah sepanjang tahun. Sementara Kayak punya fitur "explore" yang bisa nampilin semua harga ke semua tujuan di dunia kalau kita memasukkan tanggal dan kota keberangkatan. Bagus banget untuk compare kota tujuan di Eropa karena selisihnya bisa lumayan banget lho! 
Fitur explore Kayak.com
4. Jangan lupa juga, sign up newsletter dari semua maskapai besar. Walaupun maskapai full board, kalau sedang promo, harganya bikin ngiler juga loh! 

5. Datangi travel fair. Travel fair favorit saya adalah Astindo Travel Fair yang biasa diadakan setiap tahun di bulan Maret karena partnership maskapainya sangat banyak sehingga banyak tiket murah! Seringnya, Qatar Airways menawarkan tiket pp ke Eropa di kisaran USD 800-an. Happy Hour-nya Garuda Travel Fair juga oke kok, temen saya pernah dapet tiket ke Jepang 6 jutaan pp, Garuda lagi. 

6. Baca koran, khususnya Kompas Kamis, hari di mana informasi traveling banyak dimuat. Seringnya, para travel agent pasang iklan untuk promosi harga tiket kalau beli dari mereka. Kalau dapat yang diminati, langsung kontak travel agent tersebut di cabang terdekat. Kadang, harga yang tercantum di koran belum termasuk pajak ya, hubungi travel agent untuk informasi jelasnya. 

7. Saya sarankan apply visa nggak terlalu mepet, 3 bulan sebelumnya kamu sudah bisa mengajukan aplikasi visa. Nah, jika sudah dapat, dalam rentang waktu 3 bulan itu kita masih sempat cari tiket murah dan pilihan harga masih banyak. Seringnya, kalau beli mepet, harganya sudah beda jauh atau kursinya habis, apalagi pas musim liburan.

8. Sering-sering eksperimen cari tiket murah di Skyscanner atau Kayak dengan memodifikasi kota keberangkatan atau kota tujuan. Misalnya, saya mendapatkan tiket murah dari Kuala Lumpur ke Paris menggunakan Malaysia Airlines dengan harga jauh lebih murah dari pada berangkat dari Jakarta. Etihad juga sering murah kalau berangkat dari Kuala Lumpur. Kalau dari Singapore, yang termurah adalah FinnAir dengan transit di Helsinki, direct dari Changi. Sementara untuk kota tujuan, ganti-ganti dengan Paris, Roma, Amsterdam, Frankfurt, Brussels, Budapest, Oslo, atau Milan. Trust me, salah satu dari mereka bisa selisih lumayan dengan yang lain.

Tiket murah itu ada, tinggal kitanya aja yang pinter nemuin jarum di tumpukan jerami. Duileh. Haha.

-@travelitarius google it before ask, agree?
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

14 comments

  1. Aku paling suka pake Kayak belakangan ini. Lumayan enak juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, saya paling suka fitur explore-nya. Jenius abeesssh

      Delete
  2. hooo, begitu toh :O tips no 8 nggak pernah kepikiran nih :D sip sip, bakal dicoba :D

    ReplyDelete
  3. cari keberangkatan dan pulang di weekdays juga biasanya lebih murah drpd weekend. dan di kayak asiknya ada fitur yg akan notify kita by email kalau rute yang kita mau ada penurunan harga ! good topic Put !

    * * *

    Jalan2Liburan → Will You Marry Me in Santorini

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih tambahan sarannya Kak Fabiola yg ngehitzzz...

      Delete
  4. Apply visa dengan booking-an tiket aja, bisa ga sih? Karena kalau beli tiket duluan dan visa nya ditolak, sayang banget tiket nya. Trik nya gimana ya?

    ReplyDelete
  5. Hi mbak putri, salm kenal ya...aku baca posting annya keren baget...bisakah saya minta pin bbm dan wa mba.., wa aku: 081287778580 termaasih ya mba.. saya pengen ke eropa tp msh bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Mami salam kenal juga. Kalau mau tanya2, silakan isi form contact atau email ke travelitarius@gmail.com supaya gak bingung lagi :)

      Delete
  6. Aow.. mau nanya dong
    Kemarin kemarin ke Eropa dari Indonesia (maklum urusan kantor, jadi dibayarin XD )
    Nah.. tahun depan insya ALLAH mo coba berangkat sendiri
    Kalau via Malaysia (which is bisa cuma 5 - 6 jutaan kalau low season), jalur Customnya gimana ya?

    1. Beli tiket ke Malaysia, sampai ke Malaysia terus ke Imigrasi dulu lalu Check in lagi ke Flight yang ke Eropa?
    2. Atau ke arah Connecting Flight which kita bisa langsung ke Boarding Gate maskapai yang ke Eropa dari Malaysia?

    Bagian ini aku agak bingung jadi mohon dibantu ya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maskapainya sama atau beda? Kalo sama dan full board airlines, biasanya ketika check in langsung mendapat 2 boarding pass, jadi langsung ke gate selanjutnya

      Tapi kalau maskapainya beda, HARUS keluar imigrasi, ambil bagasi, lalu check in lagi

      Delete
  7. Hi Mbak Putri, mau tanya dong.. better kita beli tiket pp JKT-X-JKT atau yang multi/round trip? aku tartarik keliling pake Polskibus juga nih setelah baca reviewnya mbak yang mencerahkan :) Misalkan JKT-POLAND-JKT atau JKT-POLAND-PARIS-JKT
    mohon dibantu ya mbak, thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung itinerary dan budget Mbak. Misalnya rute Mbak membentuk lingkaran, atau memungkinkan dibuat lingkaran, bisa pp. Tapi kalau rutenya cenderung open-jaw, supaya nggak nambah biaya transportasi darat, multi city aja. Kadang, harganya sama saja kok, asal kita pintar cari tiketnya, hehehe

      Delete