Wisata Menarik di Kota Magelang, Bikin Liburan Seru dan Meninggalkan Jejak Kenangan yang Berkesan!

8 comments
Gak terasa, 2017 sudah di depan mata. Buat saya dan teman-teman traveler lainnya, biasanya langsung pantau tanggal merah untuk mengambil cuti. Tapi kadang, cuti yang diharapkan tidak bisa panjang, akhirnya kita yang sakau-sakau traveling ini akan memilih kota-kota di Pulau Jawa untuk berlibur. Gak perlu jauh-jauh dari Jakarta, kita bisa ke Kota Magelang yang bisa dicapai 6-8 jam dari ibukota. 

Berlibur ke Kota Magelang tentu menjadi pilihan menarik untuk memanfaatkan akhir pekan kamu, sekaligus mempelajari sejarah dan budaya. Belajar sejarah tidak hanya dari buku lho! Banyak tempat wisata sejarah dan budaya yang tersebar di penjuru Kota Magelang, yang bikin kamu seakan kembali ke masa lalu dan pastinya akan semakin mengenal Indonesia. 

Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Kota Magelang, bukan sekedar berlibur tetapi mempelajari sejarah Indonesia melalui kunjungan wisata  ke candi-candi peninggalan zaman kerajaan Hindu-Budha. Kita jangan mau kalah dengan bule-bule itu... Inilah salah satu daya tarik Kota Magelang yang menjadikannya kota fenomenal dan terkenal sampai mancanegara karena menyimpan salah satu candi yang menjadi icon keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Bahkan saya pernah nge-host Couchsurfer dari Singapura yang khusus jauh-jauh datang untuk melihat Candi Borobudur karena sejak kecil terobsesi dari gambar di buku!

Tak hanya wisata candi, Kota Magelang juga menawarkan banyak wisata alam seperti pegunungan, perbukitan, grojogan/air terjun dan wisata hutan pinus. Wisata religi dan wisata keluarga juga banyak ditemui di sana. Jadi bisa ajak anak, ponakan, sepupu, cucu, main ke sini!

Eit, sebelum liburan di sana, lebih baik mencari tempat menginap yang tempat menginap yang nyaman dan dekat dengan lokasi tujuan wisata karena kalo lagi musim liburan, kota ini dipadati dengan wisatawan sampai tumpah ruah. Jangan sampai sudah di sana baru mencari penginapan. Banyak hotel penginapan di sekitar lokasi wisata yang bisa di temukan pada Website Traveloka dengan standar internasional dan fasilitas serta pelayanan yang baik. Selain itu, kita bisa baca-baca review dari pelanggan sebelumnya sebelum menentukan pilihan sesuai budget.

Hotel-hotel di Kota Magelang juga cocok untuk business trip, sudah dilengkapi dengan meeting room yang sangat nyaman dan bisa menjadi tujuan utama saat melakukan perjalanan dinas sambil liburan. Selain itu, hotel-hotel di Kota Magelang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penyewaan transportasi dari dan ke bandara, penyewaan mobil, dan penyewaan sepeda. Hal tersebut tentu memudahkan para wisatawan menuju lokasi wisata dengan mudah harga yang cukup terjangkau. Tinggal datang ke reception, request, beres!

Kalau ditanya nanti sudah di Magelang melihat tempat wisata apa, berikut daftarnya!

Candi Borobudur
Candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan budaya dunia ini adalah peninggalan kerajaan Budha yang dibangun pada masa wangsa Syailendra. Kemegahan dan keunikan arsitekturnya yang terbuat dari batu menjadi daya tarik luar biasa, mengingat pada masa dahulu kala masih menggunakan peralatan sederhana karena belum ada teknologi canggih. Candi yang dibangun sekitar 750 tahun sebelum Masehi ini memiliki 72 stupa. Stupa yang paling besar berada di puncak candi dan stupa lainnya mengelilingi candi sampai ke lantai dasar candi. Candi yang terdiri dari 7 tingkatan ini memiliki beberapa keunikan, salah satunya adalah adanya ukiran yang menggambarkan kisah Mahabarata yang merupakan kisah fiksi dalam kitab Mahabarata. Kisah ini menceritakan perang saudara antara Pandhawa dan Kurawa. Ah, saya yakin kalian semua sudah hafal dari pelajaran IPS, kan? hehe. Banyak sekali keunikan dari kemegahan candi ini sehingga UNESCO menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu UNESCO World Heritage.

Berikut penampakan kemegahan Candi Borobudur 
Courtesy Wikipedia.org
Candi Mendut
Candi Mendut adalah candi peninggalan kerajaan Budha yang terbuat dari batu bata berbalut batu alam. Candi yang dibangun sekitar abad ke 9 Masehi ini juga tak kalah fenomenalnya dengan Candi Borobudur. Menurut riwayat sejarah prasasti yang ada, candi ini dibangun untuk pemujaan dewa-dewa khayangan dan para bidadari. Keunikan dan ciri khas dari candi mendut ini terletak pada bentuk bangunan dan ukiran yang menggambarkan banyak dewa dan dewi. Kemegahan candi juga terlihat dari struktur bangunannya.


Courtesy of Wikipedia.org
Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang terletak di antara kaki Gunung Merapi dan Merbabu yang memiliki ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Kedung Kayang sangat deras dan dingin airnya menyegarkan. Tidak sulit menuju lokasi Air Terjun Kedung Kayang karena akses jalan sudah bisa dilalui mobil. Pemandangan alam yang indah dan hijau di sepanjang perjalanan menuju lokasi menciptakan suasana damai dan nyaman. Di sisi kanan dan kiri jalan menuju lokasi air terjun ini, banyak pedagang kuliner yang menjajakan makanan dan oleh-oleh khas Kota Magelang.

Courtesy of Fourlook.com
Taman Panca Arga
Taman Panca Agra adalah sebuah kawasan wisata di Kota Magelang yang sangat bagus untuk mengenang nilai-nilai nasionalisme dan sejarah kemerdekaan. Karena selain taman bermain, banyak peninggalan-peninggalan zaman Belanda yang tersimpan di Taman Panca Agra ini. Beberapa peninggalan tersebut antara lain meriam-meriam yang digunakan pada masa perang kemerdekaan dan tank-tank berukuran besar yang digunakan para serdadu Belanda. Berkunjung ke tempat ini bisa menjadi nostalgia jaman penjajahan. Widiiiwww...



Courtesy agusmulyadi.web.id
Gimana? Menarik kan, kita gak perlu jauh-jauh untuk bisa berlibur, cukup ke Kota Magelang dan menikmati lengkapnya pilihan wisata di sana.

-@travelitarius (masih) penelitian di Poso
Previous PostOlder Post Home

8 comments

  1. Beautiful photos, love your post, thank you!

    ReplyDelete
  2. liburan yang menarik !! silahkan baca juga artikel terkait epoxy lantai http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/cat-lantai-epoxy.html memiliki ketahanan abrasi lebih baik dibanding permukaan beton sehingga selain penggunaan di lantai bengkel pekerjaan ini juga sering dipakai pada lantai gudang, pabrik, garasi, parkir, ruang genset dan workshop

    ReplyDelete
  3. Borobudur ini memang sudah jadi magnet turis mancanegara ya. Setiap temen asing yang datang ke Indonesia pasti ujung-ujungnya mampir ke Borobudur. Keren sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia ini emang kece berat! Nggak ada matinya deh

      Delete
  4. penasaran dengan Air Terjun Kedung Kayang kak

    ReplyDelete
  5. sejak 2015 pengen ke Myanmar tp belum berani. Trims sudah sharing itin-nya.

    ReplyDelete