Traveling Sendirian

7 comments
Tulisan kali ini saya nggak ngomong tentang indahnya kota di Eropa (tulisan tentang Budapest on the way!). Tapi lebih ke berbagi gimana rasanya jalan sendirian dan kenapa jalan sendiri itu perlu buat kita. Sebelum berangkat pergi ke Eropa selama 2 bulan, saya udah merencanakannya jauh bertahun-tahun sebelumnya. Saya cuma tahu saya harus ke sana, apa pun yang terjadi, sebelum umur 26 tahun. Ketika momennya sudah ada, saya lalu bingung, "Sendirian, nih?" 

Waktu itu pertanyaan ini belum bisa dijawab. 60% saya yakin saya akan jalan sendiri saja. Kenapa saya nggak cari temen? Karena sebagai super-introvert, saya lebih suka jalan bareng sahabat atau teman yang sudah kenal dekat. Masalahnya, nggak semua teman punya bujet dan waktu yang sama. Dan nggak semua orang mau resign dari pekerjaannya yang sekarang. Akhirnya, sudah pasti saya jalan sendiri. "Kalau nunggu temen terus, kapan jalannya?" Oke, fix!

Pose favorit traveling sendirian
Sebelum pergi banyak banget pertanyaan "Gimana kalo...?" di kepala. Gimana kalo nanti ketinggalan pesawat? Gimana kalo nanti saya gak dicuekin orang Prancis karena pake Bahasa Inggris? Gimana kalo nanti saya dicopet? Paspor hilang? Uang habis di tengah jalan? Diopname? Kecelakaan? Nyasar? Aaaaarghhh... Banyak banget maju mundur di kepala, kayak pas visa udah di tangan atau tiket udah dibeli, saya sempet juga loh mikir, "Serem ih! Apa nggak usah aja ya?" Kalau pikiran udah mulai ngeres gitu, saya biasanya inget quote ini: "Whenever you want to give up, remember why you're started."

Hari itu akhirnya datang juga. Dua jam sebelum take-off ke Kuala Lumpur, saya memeluk keluarga saya untuk berpetualang sendiri. Dengan backpack 11 kilo di bahu, saya terus jalan sampai akhirnya sampai di kolong Menara Eiffel. Hari-hari berikutnya saya ketemu teman-teman baru, nyoba makanan asing, nganga ngeliat landmark, nyasar, nonton pengamen, ketiduran di bus, lari-lari ngejar tram, makan gelato sampe eneg, baca buku di taman, disangka orang Filipina, salah naik kereta, puasa 18 jam, dimarahin supir bus di Ceko, digigit anjing, ketinggalan kereta, sampai mewek pisah sama temen. Sepulangnya, saya sadar kalau orang khususnya cewek backpacking sendirian banyak manfaat buat diri sendiri.



Approachable
Dalam arti positif, kita lebih mudah didekati dan mendekati orang. Dalam perjalanan di kereta dari Amsterdam, seorang perempuan imigran Suriname mencolek saya dengan ramah, "Where are you from?" Dari situlah kami mulai ngobrol, dia kagum sama saya *uhuk* karena berani pergi jauh sendirian. Waktu saya salah naik kereta dan mau pinjam ponsel orang buat nelepon host, seorang cewek Belanda dengan senang hati meminjamkan ponselnya dan mengantarkan saya ke peron yang benar. Waktu di Paris, ada Couchsurfer dari Mesir yang nraktir saya makan siang di restoran karena dia suka Indonesia dan senang punya teman orang Indonesia. Waktu di Brno pun karena uang saya kurang buat beli tiket di dalam bus dan saya dimarah-marahi sama supir, ada ibu-ibu yang memberi saya tiket. Mungkin karena kesannya rapuh, cewek yang pergi sendirian gampang diminta bantuan dan dibantu orang lain. In a positive way, of course...

Independent dan Decisive
Pergi sendirian itu ribet, semua harus diurus sedetail-detailnya sendiri. Mulai dari nyusun dokumen untuk aplikasi visa, riset harga tiket, beli tiket, booking tiket, cari penginapan sendiri, jalan sendirian, navigasi sendiri. Nggak ada yang bantuin dan harus memutuskan semuanya sendiri. Kedengarannya gampang, tapi kalau sudah sendirian di kota yang bahasanya asing, makanannya nggak enak, transportasinya susah dipelajari, atau yang lain, pasti ada rasa cemas walaupun sedikit. Kalau sudah bertemu masalah, kita harus cepat mengambil keputusan dan traveling adalah salah satu latihan terbaik. Disitulah momen independency kita diuji.

Philosophical
Entah ini bisa ke semua orang atau enggak, tapi saat sendirian, saya ngerasa lebih kontemplatif. Ada aja yang dipikirin, mulai dari mau ngapain di masa depan, tentang karir, tentang cinta *uhuk*, tentang pindah, tentang tua, macem-macem. Kurang ngerti juga sih waktu itu kenapa diserang momen ini, mungkin karena kebanyakan sendiri dan nggak ada teman ngobrol, saya jadi ngobrol dengan diri sendiri. Dan momen ini pun akhirnya jadi ingatan atau reminder saat sudah pulang. Kita jadi dapet jawaban-jawaban hidup yang mungkin gak kepikiran di rumah.

Rose line di The Davinci Code di dalem Museum Louvre
Navigate Better
Sebagian besar cewek punya kemampuan spasial yang kurang, termasuk saya. Susah baca peta, muter-muterin peta buat sesuaiin arah, sampe kebalik antara kiri dan kanan. Di sana kita dituntut mandiri untuk pelajari peta rute bus, metro atau tram dan harus tahu turun di mana. Sepengalaman saya, rute paling rumit adalah transportasi kota Berlin dan Paris, cukup waktu lama orientasinya. Walaupun traveling sendiri nggak bisa ngubah drastis, tapi paling nggak saya bisa baca peta dan akhirnya nggak nyasar lagi. Saya lebih sering nyasar di Jakarta daripada di sana.

Broad-minded
Traveler yang baik kalau pergi ke suatu tempat, dia harus bisa menempatkan diri di lokasi itu. Dia harus bisa menerima kebiasaan dan kebudayaan yang ada di sana. Berbicara tentang agama atau minuman alkohol adalah topik nyerempet favorit saya. Sebagai pendengar yang baik, komplen orang-orang Eropa sana tentang Tuhan dan agama membentuk respek baru dari saya. Bukan saya langsung telen mentah-mentah apa yang mereka pikirin, tapi saya menghargai apapun keputusan dan pendapat mereka. Toleransi jadi tinggi, dan berteman tetap jalan. Kayaknya memang orang ektrimis bersorban yang biasa kita lihat di TV kurang piknik!

Kalau nyentuh giginya, katanya bisa kembali lagi Wroclaw. Mau banget!
Itu sih yang paling penting... Selain itu, traveling juga melatih pembentukan karakter yang decisive, determined, fearless, intuitive, reliable, self-disciplined, dan versatile. Banyak yah? Tuh, kan, traveling tuh bener-bener university of life deh...

-@travelitarius traveling is a education that we couldn't find it in school
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

7 comments

  1. Dashyat mbak ! Saya sangat setuju bahwa dengan melihat negara luar akan membuka pikiran dan cara pandang kita tentang banyak hal... trus melakukan perjalanan jauh seorang diri akan sendirinya membentuk mental kita intuk tidak menyerah, mau tidak mau harus bertahan dalam situasi sesulit apapun, tidak hanya bergantung pada orang lain. Saluut buat mbak ! Terus menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *uhuk* Makasih ya, saya cuma pengen liat dunia sebanyak-banyaknya, tapi sayang temennya keseringan gak ada, ehehehe

      Delete
  2. Mbak atau dek saya ibu rumah tangga suka banget traveling sendiri biasanya sama suami atau bareng krucil. Ribet banget emang tp sy ga pernah ikut group travel. Infonya bagus banget. Saya sukaaa. Bulan depan mau jalan berdua suami juga ke eropa. Cuma 20 hari aja krn krucil ga ikut. Tks ya sis infonya. Kalo saya sering nanya 2 boleh kam

    ReplyDelete
  3. Waahh keren kak,, aku aja dah buat palnning kedepan mau ke eropa, tp jalan sendiri mssih takut sih,, mau ajak teman travelling, gk smuanya yg pengen and bsa,,
    Pdhal kalo ad teman kan enak,, bsa bayar nginap berdua, nyasar berdua bsa heboh gtu,, tp tetep aja blom nemu.
    Skrg sih aku msih nabung tuk ke eropa,, krns selagi muda trus pengalaman selama hdup, apalagi dsana kita bsa ke negara lain,,
    Jdi pngen cpat ksana gara2 dngarin ceritanyaa,, 2 double thumb up for u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih ya. Awalnya juga saya takut kok. Malah takut itu wajar karena sebagai cewek lebih rentan dijadikan sasaran. Ayo tabungannya dipenuhin dan ke Eropa, kapan lagii

      Delete
  4. Saya yg jg pecinta solo traveling pengen bangett pergi ke eropa..semoga suatu saat diberi kesempatan :D

    ReplyDelete