Perbandingan Asuransi Perjalanan Untuk Syarat Pengajuan Visa Schengen

7 comments
Disclaimer: Sebelumnya saya ingin bilang bahwa saya bukan agen asuransi dan penyebutan merek-merek asuransi di bawah ini tidak memiliki niat untuk menjelekan atau memuji merek tertentu. Tulisan ini bermaksud senetral-netralnya membandingkan asuransi perjalanan yang akan kita butuhkan setiap mengajukan aplikasi visa Schengen. 
Jadi kamu sudah akan mengajukan visa ke Eropa? Bagus! Sekarang pasti bingung mau beli asuransi perjalanan yang mana. Sebagian besar perusahaan asuransi besar sudah menyediakan produk asuransi perjalanan. Kamu bisa buka website masing-masing dan banding-bandingkan premi dan manfaatnya. Kadang, terlalu banyak informasi buat kita menjadi semakin bingung. Artikel ini bermaksud untuk meringkas semua informasi itu supaya kamu nggak bingung lagi. Mari kita bandingkan satu-satu.
Sebelumnya, syarat untuk mengajukan aplikasi Visa Schengen adalah asuransi dengan minimal pertanggungan sebesar EUR 30.000 atau USD 50.000. Jadi kalau besar maksimal manfaatnya kurang dari itu, lewatin saja!
1. AIG Travel Guard. Sistem reimbursement. Pertanggungan maksimal USD 100.000. Kelebihan produk ini adalah jaminan biaya jika kehilangan paspor, kehilangan bagasi dan bawaan pribadi serta meng-cover kerusakan jika menyewa kendaraan di tempat wisata. Berdasarkan pengalaman teman yang kopernya hancur dan tabletnya dicopet, produk ini meng-cover biayanya. Jadi menurut pendapat saya produk ini sangat bagus. Preminya juga bagus (harganya), untuk sampai 30 hari preminya sebesar USD 73.
2. AXA Smart Traveller. Sistem reimbursement. Pertanggungan maksimal USD 100.000. Kelebihan produk ini adalah jaminan biaya jika kehilangan paspor, mengganti kehilangan atau kerusakan laptop (sampai USD 500) dan barang bawaan pribadi lainnya. Harga premi individu untuk 30 hari sebesar USD 70.
3. ACA Travel Safe. Sistem reimbursement. Untuk produk Executive, pertanggungan maksimal adalah USD 50.000, sementara produk VIP sebesar USD 100.000. Manfaat produk ini standar saja seperti asuransi perjalanan lain, namun produk ini menawarkan premi yang murah. Kekurangan produk ini adalah tidak bisa dibeli via online, jadi kamu harus mendatangi kantor atau agen ACA langsung untuk pembelian. Untuk Executive individu selama 30 hari sebesar USD 35 dan VIP sebesar USD 55. 
4. Allianz TravelPRO. Sistem reimbursement dan cashless untuk rawat inap. Untuk produk Deluxe, pertanggungan maksimal adalah USD 50.000, sementara produk Premium sebesar USD 100.000. Manfaat lain standar saja, namun produk ini menawarkan sistem cashless jika tertanggung harus rawat inap. Sangat bermanfaat untuk perjalanan panjang. 
5. Zurich Passport Upgraded. Sistem reimbursement. Pertanggungan maksimal USD 100.000. Untuk keseluruhan, produk ini sama saja dengan produk asuransi perjalanan lain, namun kelebihannya adalah produk ini melindungi kartu kredit kamu sampai USD 1,000. Harga premi individu untuk 30 hari sebesar USD 75.
6. LippoInsurance Travel Protection Plus. Sistem cashless untuk pengobatan medis. Untuk paket Premier, pertanggungan maksimal USD 100.000 dan untuk paket Executive maksimal USD 50.000. Kelebihan produk ini adalah sistem cashless, mengcover biaya pengiriman obat-obatan, dan jaminan permintaan dana darurat. Sementara kekurangannya adalah tidak menjamin kehilangan paspor (travel document) dan lama perjalanan maksimal hanya 90 hari, lebih sedikit dari rata-rata produk lain yang 180 hari. Untuk Premier individu selama 30 hari sebesar USD 65.4 dan Executive sebesar USD 58.9. Saya menggunakan produk ini untuk perjalanan saya ke Eropa karena sistem cashless yang memberikan rasa aman ketika melakukan perjalanan panjang dan harganya yang lebih murah. Walaupun tidak meng-cover kehilangan paspor, saya memilih cara lain untuk mengamankan paspor: money belt.
Semoga perbandingan produk ini dapat membantu kamu menyesuaikan produk seperti apa yang tepat untuk perjalanan berikutnya ke Eropa. Hampir semua produk ini bisa dibeli online. Good luck!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

7 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mbak, do you have any suggestions for travel insurance for babies? Thank you so much for the info Mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja untuk bayi, menurut saya dalam asuransi perjalanan, bayi tetap diperlakukan sama dg orang dewasa

      Delete
  5. salam kenal mba. mba, nanya donk. kan pas pengajuan visa asuransi harus uda ada tuh. seandainya, setelah visa disetujui tapi kita berangkat gak sesuai periode tanggal di asuransi (karena dapat tiket murah di tanggal lain missalnya), apa kita bisa minta pihak asuransi mengubah periode pertanggungannya?
    looking forward to recieving your answer soon.
    thanks.

    ReplyDelete
  6. Mbak putri. Jadi kalo allianz deluxe udah cukup ya buat apply visa?

    ReplyDelete