We Plan, God Laughs

1 comment
We expect the unexpected when travel. There’s no damn thing about perfection in traveling. We plan, God laughs.

Perjalanan ke Jawa Timur tahun lalu banyak cerita sialnya. We make mistakes, we learn from that. Semoga bisa menjadi pelajaran buat orang lain.

1. Sepatu saya jebol. Yaiyalah, sepatu kets dari jaman kelas 6 SD itu emang udah renggang dikit solnya. saya pede gonjreng banget sepatu itu bisa tahan buat hiking. Ha. Perkiraan saya salah. Sesampenya di Juanda, saya ngerasain sepatunya ngropos. Bener aja, solnya copot semua! Hancur lebur. Sempet diketawain sama petugas bandara, saya ganti ke sendal jepit dan sepatu busuk itu saya makamkan di tong sampah Juanda.

Problem solved: saya bela-belain nongkrong di depan Ramayana deket Terminal Bungurasih supaya bisa beli sepatu. saya pengunjung pertama pagi itu, milih-milih, akhirnya beli sendal gunung Carvil seharga 80 ribu (maunya yang murah). Ternyata sendal gunung itu sakti, bisa nganterin saya sampai Kawah Ijen, dan sampe sekarang masih oke. I love cheap!

Lesson learned: Check everything. Periksa dan tes semua barang bawaan, masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kalo ada yang salah sedikit, tinggalin! Jangan dibawa. Salah sedikit sebelum berangkat bisa berakibat musibah.

2. Ketinggalan mobil koli ke Sempol. Saya cabut dari Terminal Bungurasih ke Bondowoso jam setengah 11, ternyata sampe Bondowoso jam setengah 4, sementara mobil koli ke Sempol terakhir ada jam 2. Halah. Terdamparlah saya di terminal Bondowoso yang kecil dan sepi. Kita celingukan, baru jam setengah 4, suasana terminal ini udah kayak tengah malem. Senyap. Waktu itu kita punya beberapa pilihan: 1. Putar arah ke Jember, gak jadi nanjak ke Ijen (tapi udah jauh-jauh ke sini!). 2. Nunggu orang lain supaya bisa carter mobil ke Paltuding. 3. Nginep di Bondowoso dan pagi-pagi langsung ke Sempol, dengan risiko menghabiskan waktu yang udah dialokasiin buat Jember.

Problem solved: Akhirnya kami berdua sewa mobil 450 ribu untuk mengantar kami pulang-pergi sampai Paltuding. Kami ketemu sama yang punya mobil di terminal, mereka sepasang suami istri yang sudah sering mengantar bule-bule ke Ijen. Biasanya, mereka pasang tarif 350 ribu sekali jalan sampai Paltuding. Tapi karena mereka kasihan sama kami, 450 ribu itu kami dapatkan, pulang-pergi, ditungguin. Yeaay. Dapet harga kasian! Si Ibu kesian sama kami, yang cewek-cewek, cuma berdua, ketinggalan mobil ke Sempol. Jam 12 malem mereka jemput kami di penginapan, supaya bisa ngeliat api biru.

Lesson learned: Perhitungkan waktu perjalanan. Dan pasang muka melas. Haha.

3. Ternyata penambang-penambang belerang di sekitar Kawah Ijen juga sering jadi guide terselubung, padahal kita gak minta. Kesel deh. Kebetulan aja kami berpapasan jalan bareng mereka di jalan setapak. Ngobrol ngalor ngidul sebentar, kami tipu mereka kalo kami dari Surabaya (gak maulah bilang dari Jakarta, ntar diporotin). Makin lama saya nyadar, saya kan lelet banget yah, satu tanjakan berenti, kedua penambang belerang yang ngikutin kami juga ikutan ngaso, kayak ngikutin kami. Saya udah bilang dengan baik-baik: “Pak, duluan aja, kami jalannya lama.” Tapi dia tetap diem ngikutin kami. Berkali-kali saya bilang begitu. Pengen banget rasanya nyemprot: “Woi, Pak, percuma ngikutin gua, gua gak bakal ngasi tip!” Tapi gak jadi, karena kasihan.

Problem solved: Kami ngasi 20ribu ke penambang tadi pas udah sampe kawah. Dia mintanya 50ribu. “Gak Pak. Tadi kita gak ada perjanjian. Kami juga gak ada duit!”

Lesson learned: Jangan barengan sama penambang belerang di area Kawah Ijen! Jalan setapaknya cuma 1, tanpa mereka, kita tetep bisa jalan sampe puncak. Oh, iya, jangan gampang percaya sama orang-orang di sekitar objek turis. Pasti ujung-ujungnya duit. Cukup katakan tidak.

4. Setelah puas foto-foto di Kawah Ijen, kami turun. Bapak yang kami carter mobilnya mengajak kami pulang kembali ke Bondowoso. Masih kedinginan, saya tidur di kursi belakang mobil. Kayaknya tidur saya pules, sampe saya ngerasa kaget banget pas mobil menabrak pengendara motor. BRAAAKKK. Sempat terseret 5 meter, pengendara motor jatuh terkapar. Kepala dan kaki berdarah. Motornya ringsek. Mobil carteran kami hancur bempernya. Belum pernah saya ngalamin kecelakaan, jadi kejadian ini bikin deg-degan.

Problem solved: Setelah buru-buru mengantar korban ke puskesmas, bapak dan ibu pemilik mobil carter akhirnya mengajak kami ke Polres. Dari Polres, mobil harus ditahan di sana, akhirnya kami ngeteng ke Bondowoso. Kami berpisah di terminal, dan kami mengucapkan banyak terima kasih dan minta maaf atas kecelakaan itu. Gak tahu apa yg dimintain maaf, mungkin kami ngerasa bawa sial.

Lesson learned: Hati-hatilah berkendara. Titik.

5. KETINGGALAN PESAWAT PULANG. Ini kejadian yang paling bikin kami stres. Stres awal karena Jember Fashion Carnaval (JFC) bikin jalan banyak ditutup, akhirnya telat sampe ke Terminal Tawangalun. Sampe di terminal, busnya ngetem lama. Kata keneknya dari Jember ke Surabaya cuma 3 jam. Tapi sampe konter check in pesawat dibuka, saya MASIH DI PROBOLINGGO! Kampret! Mana busnya lewat jalanan kota yang macet. Percuma ngejar ke bandara naik taksi, akhirnya kami gak boleh check in karena dateng 5 menit sebelum pesawat take off. Lemes, saya datengin satu persatu konter tiket, “Mbak, ada yang ke Jakarta? Malem ini!” Jawabannya full semua. Ada sih, tapi business class Garuda. Kampret. Rasanya saya pengen mampu bilang begini, "First Class juga gua jabanin! Berapa?" *keluarin dompet*

Problem solved: Langsung online, cari tiket kereta api eksekutif ke Jakarta, gak ada jadwal malem, sekalinya ada, pas saat itu juga berangkat. Cari tiket malem ini, gak ada. Akhirnya kami beli tiket AirAsia buat pulang via websitenya, bayar pake kartu kredit saat itu juga. Nyokap saya udah ngomel-ngomel aja bawaanya. Saya omelin balik, “Udahlah, Ma, gak ngasi solusi. Tutup dulu, ya, mau nyari tiket!” Malem itu, kami nginep di hotel dekat bandara, paginya langsung ngabarin atasan kalo saya ketinggalan pesawat dan bakal cuti lagi besok. Capek~~

Lesson learned: Jangan percaya perhitungan waktu diri sendiri. Alokasikan 1-2 jam untuk hal-hal yang tak terduga. Untuk kasus saya, sebenernya saya bisa cabut dr Jember lebih cepat, tapi karena JFC terlalu keren, jadinya ditunda-tunda dengan perhitungan yang gak bener! Begitulah akibatnya!

Gitu deh. We plan, God laughs. Sial.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment

1. ceritanya seru, tapi lucu cara bertuturnya. Thank for sharing.