Review: Megabus, Cara Murah Keliling Eropa Barat dan UK

11 comments
Sesuai janji, kali ini saya akan review Megabus, lini bus berbasis di UK yang cakupan destinasinya adalah Eropa Barat dan UK. Bus ini melayani ke kota-kota di England, Scotland, Ireland, Wales, Prancis, Belgia, Belanda, Jerman, dan Spanyol. Jadi untuk kamu yang ingin sekali mengeliling Eropa Barat apalagi UK, naik Megabus jadi salah satu cara menekan pengeluaran transportasi.

Online booking
Situs www.uk.megabus.com cukup sederhana dan gampang digunakan. Mirip dengan situs online booking pesawat.
Halaman muka uk.megabus.com
Untuk tahu apakah Megabus melayani rute tertentu, langsung saja cari di kotak “Leaving from”, nanti di kotak “Travelling to” akan muncul koneksi dari kota asal. Misalnya, dari Glastonbury, Megabus hanya melayani ke London, Swindon, Exeter, Corsham, dan Chippenham, tidak bisa ke Paris atau Birmingham.

Isi sesuai itinerary kamu
Kalau sudah cocok semua, klik “Search” dan akan muncul pilihan jadwal dan harga di halaman baru. Pilih yang sesuai dengan keinginan kamu, lalu klik “Add Journey(s) to Basket”. Pastikan tidak ada kesalahan data keberangkatan, cek semua sebelum mencentang T&C Megabus, lalu klik “Continue”. Masukkan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, dan nomor paspor, lalu klik “Continue” lagi. Cek lagi data kamu, lalu klik “Confirm and Pay”. Nanti akan muncul halaman baru yang menampilkan opsi pembayaran kartu kredit. Masukkan detail kartu kredit lalu bayar. E-tiket akan dikirimkan via email dan kamu tinggal print atau bawa smartphone untuk ditunjukkan ke petugas.

Pre-boarding
Megabus terkadang tidak berangkat dari terminal bus utama. Misalnya di Paris, Megabus berangkat dari Porte Maillot Coach Park, tempat bus-bus ke bandara Orly, samping Palais de Congres. Di Brussels, Megabus berhenti dan berangkat dari Rue du Cardinal Mercier, dekat Brussels Central Station. Sering-sering riset di Google Maps atau Street View sekalian supaya punya gambaran. Megabus sangat tepat waktu, kalau di jadwal tercantum 10.30 artinya tepat 10.30 bus berangkat, pastikan kita sudah luangkan waktu setengah jam sebelum jam berangkat. Supir Megabus juga merangkap sebagai pengecek tiket. Tunjukkan e-tiket yang sudah dibeli ke supir lalu dia akan mencentang nomor e-tiket di daftar penumpang. Kemudian dia akan memberikan baggage tag ke kamu untuk dipasangkan di tas bagasi. Penumpang berhak membawa 1 bagasi besar, sisanya silakan bawa ke tempat duduk. Setelah bagasi sudah aman di dalam bus, naiklah ke bus dan pilih kursi di manapun kamu mau. Salah satu kekurangan (atau kelebihan?) Megabus adalah tidak ada pemilihan kursi ketika booking, jadi kita bebas duduk di mana saja. Saran saja, ambil kursi di sisi kanan bus karena kendaraan berjalan di kanan (kecuali UK) supaya bisa lihat pemandangan, hehe. Dalam 1 rute, bisa saja ada lebih dari 1 stop, misalnya rute Paris ke Amsterdam melalui Brussels. Nanti di Brussels, bus akan berhenti sebentar untuk menurunkan penumpang rute Paris-Brussels dan menaikkan penumpang rute Brussels-Amsterdam.

Facilities
Bus AKAP double decker
Secara fisik, sebagian besar bus yang digunakan adalah bus double decker. Memang beberapa rute masih menggunakan single decker Lantai atas untuk semua penumpang, lantai bawah untuk bagasi, toilet, dan kemudi. Untuk interior, kalau dibandingkan dengan bus AKAP Indonesia, Megabus mirip dengan bus eksekutif minus TV dangdutan. Formasi kursi 2-2. Setiap kursi ada colokan listrik (sayangnya cuma colokan UK, bawa adaptor kalau perlu) dan ada wi-fi onboard. Saya gak pernah beruntung pakai wi-fi ini, connected sih, tapi gak bisa dipake internetan. Teman saya lebih aneh lagi, dia naik Megabus dari London ke Paris, selama di UK wi-fi lancar jaya, begitu masuk daratan Prancis, mati seketika! Aneh. Jadi jangan terlalu berharap sama wi-fi Megabus. Setiap bus memiliki toilet yang cukup bersih. Saran saya lebih baik buang air kecil di tempat rest area daripada di toilet bus. Untuk perjalanan jauh, bus akan berhenti 15 menit di rest area, lumayan buat isi perut kalau laper di jalan.

The Journey
Overall, perjalanan pakai Megabus sangat nyaman buat saya yang orang Jakarta karena sudah terbiasa dengan keadaan bus di sini. Tidak ada kesulitan berarti mulai dari awal sampai akhir perjalanan. Supir mengemudikan busnya dengan baik, aman, dan gak sambil ngobrol di telepon (emangnya bus Italia, huh!). Kalau terlambat sampai di tujuan, supir juga meminta maaf, persis kayak kalau pake pesawat deh. Kalau wi-fi berjalan dengan lancar, pasti perjalanan saya lebih nyaman lagi, hehe.

After Taste
Do I recommend this bus? Definitely, yes. Harga yang terjangkau, jaringan luas (apalagi di UK), mudah booking-nya, perjalanan aman nyaman, dan tepat waktu.

Semoga review saya kali ini bermanfaat buat kamu yang pengen keliling Eropa Barat dengan mudah dan murah. Teman saya saja akhirnya keliling UK pakai Megabus ini padahal rencana awalnya pengen ke Spanyol dan Italia, haha.

Harga tiket Megabus
Paris-Amsterdam      GBP 12.50
Amsterdam-Brussels GBP 12.50
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

11 comments

  1. salam kenal, saya sedang coba pesan mega bus dari amsterdam menuju brussel untuk tgl 27 mei 2015 tapi kok belum bisa ya, apakah memang tidak bisa pesan dua bulan sebelumnya? mohon infonya ya. terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mila. Benar, tiket Megabus tidak bisa dipesan jauh-jauh hari. Jadi kalau tanggal yang diinginkan belum muncul, silakan tunggu beberapa minggu lagi ya.

      Delete
  2. Hi Putri, mau tanya ttg MegaBus apakah ada yg berangkat di malam hari dan sampai Paris pagi hari supaya tidak usah menginap di Paris, jalan2 langsung pulang. Apakah bisa?Erli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek sendiri jadwal keberangkatan Megabus di uk.megabus.com ya. Di website selalu update kok infonya

      Delete
  3. Hi mba putri, saya lagi di Amsterdam mau ke paris naik megabus. Ada pengecekan visa mba sepanjang perjalanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ada, mereka kan masuk zona Schengen single visa. Kalaupun ada pemeriksaan, no problemo

      Delete
  4. Hai mb duh bingung nih caranya boking megabus.maklum mak2 gaptek.andaikan bs ketemu mb.nanti ngajarin sy sekaligus lgng bokingkan hehhe rencana si mau ke eropa okt nanti...mb lokasinya dmn ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa susah sih bu? Websitenya sudah dibuat supaya gampang, mungkin Ibu bisa minta tolong ke yg gak gaptek :)))

      have fun di Eropa

      Delete
  5. Bisa booking tiket untuk 5 orang secara online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicek ke website Megabus aja ya, apa bisa group buy

      Delete
  6. apa bener slalu ada promo tiket bus 1 euro?

    ReplyDelete