Mental Test: Hiking ke Kawah Ijen

No Comments
Mendaki gunung adalah hal yang paling pengen saya kerjain di tahun ini. saya selalu penasaran apa yang dicari manusia-manusia petualang menuju puncak-puncak bumi? Bukankah mendaki sendiri adalah pengalaman yang menyusahkan? Bayangin, lo pergi, nanjak, dengan beban belasan kilo, menuju puncak, foto-foto sebentar di atas, terus turun lagi? Buat apa semua susah payah itu?

Dan teman saya akhirnya mengajak saya ke Kawah Ijen, yg ngebutuhin pendakian. Saatnya ngejawab penasaran itu! Gimana sih sensasi mendaki gunung?

Kebetulan agenda kami ini dibarengin dengan nonton Jember Fashion Carnaval 2013 di Jember. Nonton karnaval heboh ini kesampaian juga karena dapet tiket pp Mandala yang murah banget. Akhirnya saya dapet jadwal pp yg oke, Jumat pagi berangkat, Minggu malem pulang, CGK-SUB. Berhubung karnavalnya hari Minggunya, maka kami punya waktu luang di Jumat dan Sabtunya, yang akhirnya kami manfaatin buat berkunjung ke Bondowoso dan hiking ke Ijen.


Saya pun mulai browsing di internet. Di salah satu web detik travel, trek Kawah Ijen adalah salah satu trek hiking bagi pemula. Hehehe… saya mesem-mesem, inilah trek yang tepat buat saya. Tapi, di beberapa blog traveler lain, mereka cerita kalo medannya sulit! Kemiringannya terjal, mencapai 60 derajat. Dan rata-rata si blogger cerita hal yang sama. Medannya sulit. Wah, si detik bohong nih! saya mulai deg-degan. Bisa gak yah saya? 

Temen jalan saya anak Mapala UI, yah sudahlah, saya wanti-wanti dia supaya jangan ninggalin saya di atas nanti karena keleletan saya. “Kalo lu ninggalin saya, saya pulang sendiri ke Jember!” begitu sabda saya sebelum berangkat. Dia setuju dan saya (ngerasa) aman. Ada yang bakal nemenin saya sampai puncak. Eh, tapi bakal ada yang kesusahan nyeret-nyeret saya. Ah, biarlah, siapa suruh ngajak saya yang pemalas ini?

Karena tiketnya dipesen jauh (pake banget) hari, kami pun bekerja seperti biasa. Oh, iya, kami buruh sarjana, budak korporasi. Sampai akhirnya cuti ditandatangani, kami pun berangkat pagi buta. Maklumlah, jadwal terbang LCC selalu gak oke. saya lalu melakukan ritual naik pesawat: duduk, pasang seat belt, tidur sampe landing.

Sampai Surabaya, kami langsung ngacir ke Terminal Bungurasih naik Damri supaya cepet ke Bondowoso. Kami sengaja pilih yg bus AC, bukan karena pengen mewah-mewahan, tapi karena saya gak kuat asep rokok. Pasti bawaannya semaput. Perjalanan ke Bondowoso ditempuh 5 jam. saya sih suka banget overland trip karena pemandangannya oke, apalagi pas bus menanjak dengan kemiringan 45 derajat dan jalan berkelok-kelok. Ngeri-ngeri sedap.

Malam harinya, kami bersiap-siap ke Paltuding menggunakan mobil carteran. Saya pake baju 3 lapis buat nahan dingin. Di ujung jalan setapak, saya bertekad sampai puncak, yaitu Kawah Ijen! *dengus api*

Pertama, trek masih landai, ah, easy peasy… 

Kedua, trek mulai menanjak 30 derajat, ah… bisa *hosh* pasti bisa *hosh*

Ketiga, kemiringan trek mencapai 60 derajat, ah… semapuuut

Setiap tanjakan, saya pasti berenti buat ngaso nyari napas. Ini pertama kalinya saya naik gunung, dengan badan yang gak pernah olahraga selama 6 tahun. *uhuhuk*. Semaput itu mutlak. 

Setelah mencapai Pondok Bunder, camp yang digunakan penambang untuk menimbang belerang, saya duduk sebentar. Temen jalan saya baik banget, dia terus megangin tangan saya selama nanjak, badan saya yang 2x lipat badannya sukses jd bebannya selama nanjak. Ah, apalah jadinya kalo saya tanpa dia *burp* pasti saya udah balik kanan bubar jalan balik ke Bondowoso. 


View selagi nanjak
Butuh lebih dari sekedar menapakkan kaki di depan kaki lainnya, sedikit-sedikit, untuk mencapai puncak. Ini bukan masalah fisik. Tapi masalah mental. Apa saya bisa balik kanan bubar jalan, pulang? Bisa. Apa saya bisa menyerah? Bisa. saya punya pilihan. Tapi gak saya pilih. Saat itu saya menyadari, mendaki gunung adalah suatu proses pengendalian pikiran karena ketika mendaki lo akan dihadang kesulitan-kesulitan yang mengganggu tujuan awal lo, yaitu mencapai puncak. 

Gagal melihat api biru karena keleletan saya gak menyurutkan semangat kami berdua. Setelah sampai di pinggir kawah, saya girang plus kesel. Girang karena akhirnya saya bisa ngeliat langsung kawah yang buagus buanget. Kesel karena ternyata capek banget nyampe ke atas, bleh. 


Sampe juga!
Setelah setengah jam foto-foto di atas. Kita pulang. “Balik lagi ke trek yang tadi?” tanya saya bodoh. 

"Ya iyalah, kita balik pake jalan yang tadi." kata temen saya.

Damn. Ini yang saya gak suka. Udah capek-capek ke atas, turun lagi. Fiuuh~~

P.S.: Yah, sorry yah kalo di antara yang baca ada suhu-suhu pecinta alam yang nganggep saya “noobs” banget, baru muncak ke Ijen aja udah semaput lu! Gimana yang lain! Bodo, yang penting seumur hidup saya, saya udah pernah muncak. Oh iya, kalo diajak nanjak lagi, saya ogah ya, kecuali treking ke Machu Picchu :D
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 shouts

Post a Comment