Cara Nyari Tebengan Mobil di BlaBlaCar

4 comments
Setelah pernah bikin tulisan tentang BlaBlaCar dan sharing-sharing ke forum backpacker, pertanyaan pertamanya pasti: "Aman gak sih?" Itu juga yang muncul di kepala saya waktu pertama kali Sign Up di website-nya. Tapi waktu itu saya berencana ke benua termakmur di muka bumi, jadi berusaha open-minded aja sama konsep traveling nebeng mobil orang. Nggak, saya gak se-hardcore hitchhiker yang di pinggir jalan modal jempol dan diangkut orang random. Saya mengandalkan BlaBlaCar, sistem tebeng menebeng yang aman. Silakan baca terlebih dahulu tulisan review saya tentang sistem ini. 

Lengkapi profile untuk meningkatkan rating atau trust rate
Semakin lengkap profile dan verifikasi kamu, rating kamu di web akan meningkat. Kasus saya, saya menuju "Expert" karena nomor ponsel, email, dan Facebook saya terverifikasi serta sudah pernah 3 kali memberi dan diberi review. Kenapa rating itu penting? Karena menambah nilai plus diri kita, membuktikan bahwa kita orang baik-baik yang cuma pengen nebeng mobil orang dan pasti akan bayar sesampainya di tujuan.
Halaman profile harus lengkap :)

Mulai mencari tebengan
Secara keseluruhan, website BlaBlaCar ini navigasinya gampang banget. Pada halaman pertama, kita bisa langsung ketik kota asal, kota tujuan, dan tanggal yang kita inginkan. Misalnya, dari Hanover ke Berlin.
Hasil pencarian Hanover ke Berlin
Saya bahas satu per satu ya:
1. Disinilah kita masukan kota asal dan kota tujuan. Isinya yang realistis ya, jangan nulis London-Bangkok atau Hatiku-Hatimu.

2. Kotak biru ini memudahkan kita untuk dapat update real time kalau ada supir yang rutenya dan tanggalnya sama dengan rencana perjalanan kita. Masukkan saja tanggal berangkat, misalnya 25 Januari 2015. Nanti website otomatis akan kirim email alert dan kita bisa langsung mengontak supir.

3. Ini adalah jadwal keberangkatan dan itinerary sang supir. Kita lihat, si Evelyn ini rutenya diawali dari Cloppenburg ke Wedemark, bukan persis ke Hanover-nya. Kalau ingin nebeng dengan Evelyn, pertimbangkan juga ongkos transportasimu dari Hanover ke Wedemark. Dan ada kemungkinan juga bisa lebih telat atau lebih cepat karena Evelyn tidak berangkat persis dari Hanover, tapi dari kota lain. Disini kita juga bisa lihat Departure dan Drop Point kalo nebeng Evelyn. Nanti kamu diturunkan di Budapester Strasse Berlin, jangan lupa lihat di peta di mana letaknya dan bagaimana cara ke tempat lain dari drop point itu. Terdapat juga keterangan jenis mobil Evelyn yaitu Skoda Fabia Combi. Berbeda dengan Evelyn, rutenya Rene lebih mudah bagi kita yang pengen nebeng karena dia langsung berangkat dari Hanover, bisa jadi dari tengah kota.

4. Ini adalah preferensi si supir. Simbol-simbol ini menunjukkan kalau Evelyn itu tidak terlalu banyak ngomong, tidak memperbolehkan penumpangnya merokok dan tidak boleh membawa binatang peliharaan.

5. Nah, ini yang paling penting. Berapa harga yang ditawarin Evelyn untuk rute Hanover ke Berlin? 8 poundsterling dan dibayarkan dalam mata uang lokal, dalam hal ini euro di Jerman. Disini juga tercantum tinggal berapa kursi tersisa. Biasanya kalau mobil ukuran sedang kapasitasnya 4-5 orang termasuk supir.

Tertarik nebeng dengan Evelyn? Yuk booking kursi di mobilnya...

Cara mengontak supir
Pilih supir yang mau kita tebengin, jangan lupa cek preferensi dan rating. Semakin tinggi ratingnya, semakin terpercaya orangnya.
Mari nebeng ke Evelyn!
Kotak pertama adalah pesan dari Evelyn ke calon penumpang. Pakai saja Google Translate untuk tahu artinya. Langsung aja klik "Contact Driver" di sisi kanan.
Kirim pesanmu ke Evelyn, dengan Bahasa Inggris ya
Tulis saja pesanmu kalau kamu pengen nebeng dan tanyakan kalau masih ada yang kurang jelas. Setelah itu Evelyn akan menerima SMS dari BlaBlaCar yang isinya kamu telah mengirim sebuah pesan. Evelyn akan mengecek pesanmu di website dan akan membalasnya. Done! Kamu tinggal datang pada hari dan jam yang disepakati di lokasi yang disepakati. Setelah sampai di tujuan, bayar ke Evelyn menggunakan euro. Happy BlaBlaCar!

@travelitarius - a cheapshit and very happy with (very) cheap things, especially while travel

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Jelas sekali penjalasannya... semoga semakin banyak teman teman backpacker yang mengenal dan menggunakan mitfahrgelegenheit. Daripada harus membeli tiket kereta maupun busbdengan harga selangit, mitfahfgelegenheit jadi pilihan tepat.
    musim panas tahun lalu dari Köln ke Paris saya hanya membayar 20-an euro menggunakan layanan bla-bla car, sama sebaliknya untuk perjalanan pulang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah mampir. Iya, saya juga baru pas ke Eropa kenal sistem carsharing ini... kalo ngeliat tiket kereta Jerman yang 70 euro sekali jalan, gak kuaaaaattt :D

      Delete
  2. Ada perubahan sistem blablacar yang baru saya temukan minggu lalu saat perjalanan dari/ke Paris - Amsterdam dan sialnya disesalkan sih. Sekarang mereka menetapkan Booking Fee, yaa ngga tanggung - tanggung 3 - 6 Euro per booking. Lumayan juga sebenernya sih :( Kan biasanya bisa bayar langsung ke drivernya dan Service Free.
    Jadi sistemnya pembayaran sudah 100% melalui CC once driver approved our request, ini lucu loh - padahal dari Rotterdam ke Paris itu nggak bayar dan bayar ke pengemudinya, eh pas keesokan harinya harus 100% pake CC dan Booking Feenya hampir 4 GBP. Tsk!! Kzl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha, iyaaa! Bener, saya juga baru lihat hari ini... Ih, kok jadi rempong dan mahal gini sih... Aiishhh... ZBL. Btw, makasih update-nya ya... akan saya tambahin di post ini sbg update.

      Delete