Pengeluaran Backpacking di Republik Ceko #15EurosPerDay

4 comments
Setelah senang surplus banyak di Polandia, saya udah gak sabar mengujungi salah satu kota tercantik di Eropa: yep, Praha! Praha salah satu dream came true saya dari dulu karena pernah baca buku dan melihat-lihat gambarnya. Praha juga memorable buat saya karena hari-hari pertama Ramadhan saya habiskan di sini. Sinar matahari yang terik dan tantangan puasa 18-19 jam per hari membuat saya sempet ragu untuk berpuasa. Terlalu berbahaya, apalagi kalau saya sedang berjalan seharian. Tapi, saya coba saja dulu saja, kan saya yang memilih memutuskan pergi di bulan puasa. Allah loves me, so I should love Him too, right? 

Di Praha, saya tinggal di apartemen Izabella dan Raul, pasangan Romania yang jatuh cinta dengan Praha dan akhirnya memutuskan pindah ke sana. Wawww... enaknya. Dalam zona Uni Eropa (UE), mereka mempunyai istilah "free movement" yang artinya semua warga negara UE bisa bekerja dan tinggal di negara UE lain. ASEAN kapan nih?

Traveling di Ceko bisa lebih murah karena negara ini masih belum menggunakan euro. Koruna atau crown adalah mata uang mereka dengan nilai 1 euro sekitar 27.3 koruna. 

Pengeluaran selama di Eropa
Hari ke
Tanggal
Pengeluaran
TRS
F&B
ACC
OTH
TOTAL
CZECH REPUBLIC: Prague, Brno
770
27-Jun-2015
Tiket 30m ke rumah host
15
28-Jun-2014
50 USD (44.5EUR) ke 1005 CZK
Tiket 24h Prague
110
Es krim di Petrin Hill
25
Lunch di Havelska Koruna
124
Belanja groceries
55
29-Jun-2014
Tiket 24h Prague
110
Suvenir Prague
110
Snack (Twix dan jus apel)
30
Chinese food (dinner)
100
30-Jun-2014
Groceries
46


Tiket bus 15m stasiun Brno-host
20





1-Jul-2014
Tiket bus 15m host-stasiun Brno
25




Notes: all in crowne
TRS: Transportasi 
F&B: Makan dan minum
ACC: Akomodasi
OTH: lain-lain
Prague at night
Saya bertemu dengan Sue di Brno yang akan menjadi host saya selama 1 malam. Dia adalah cewek asli Czech yang punya English aksen British, dan bekerja sambilan mengajar Bahasa Inggris. Cewek ini luar biasa pintar, sedang menempuh magister hukum di Masaryk University, Brno dan selalu membombardir saya pertanyaan-pertanyaan kritis tentang Islam, baik ajaran dan budayanya. Saya sampe bingung sendiri gimana jawabnya supaya Islam tetap positif di mata orang asing. Hehehe... Overall, Brno adalah kota kecil, kita bisa jalan kaki setengah jam sudah dari ujung ke ujung kota saking kecilnya!

Brno ya cuma sekecil ini, haha 
Total 770 koruna untuk 4 malam di Ceko, yang artinya 192.5 koruna per hari atau sekitar 7.10 euro per hari. Murah yah! Hahaha... Surplus banyaak... Masih sempet beli suvenir dan makan di restoran... 

-@travelitarius life resolution: eat well, read more, travel often
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Sepertinya jepang malah jauh lebih mahal dari europe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya begitu... belom pernah ke Jepang sih, baru tahun depan, hehe.

      Delete
  2. Kalo untuk cari makanan halal di ceko dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok, datangin aja restoran India, Turki, atau Arab. Insya Allah halal

      Delete