Pengeluaran Backpacking di Vienna #15EurosPerDay

4 comments
Sudah hampir setengah jalan di Eropa, budget masih aman karena banyak surplus di negara-negara non-euro. Datanglah saya ke satu-satunya kota yang saya kunjungi di Austria: Vienna. Kelaparan karena berpuasa dan cuaca terik, saya dijemput host saya di Vienna, Albert. Kami nonton bareng bola bareng di suatu kafe sambil ngabuburit. Albert penggemar bola fanatik, hampir semua pertandingan Piala Dunia 2014 ditontonnya. Dia memesan segelas besar bir dan menawarkan memesan menu untuk saya.
"No, Danke, I'm fasting," jawab saya nyengir kelaparan (18 jam gitu loh!)
"Want any drinks?" tawarnya lagi.
"No, thanks again, I'm fasting."
"Not even water?" tanyanya mulai heran.
"Yep."
"Crazy."
"That's how it goes..." jawab saya berusaha menutup pembicaraan.
"I don't think I can do that. How many hours you fast?"
"From dawn til dusk. In my country, we used to fast for 13 hours, but in summer in Europe, the days are longer... so I have to fast 18 to 19 hours."
"Wow, you must be exhausted right now." 
"A little bit."

St. Stephen's Cathedral di Vienna
Lalu kami menghabiskan sore (dari jam setengah 7 sampai 9 malam) menonton pertandingan sepakbola Argentina vs Swiss. Saya sendiri kalo nonton pertandingan sepakbola nggak pernah bener-bener full nonton pantengin dari awal sampe akhir, makanya saya jadi bosan luar biasa. Saya menatap layar TV tanpa bener-bener nyimak apa yang terjadi di lapangan. 

Pengeluaran selama di Eropa
Hari ke
Tanggal
Pengeluaran
TRS
F&B
ACC
OTH
TOTAL
AUSTRIA: Vienna
42.39
1-Jul-2014
Chinese food (dinner)
6.8
2-Jul-2014
Tiket 48h Vienna
13.3
Belanja groceries
7.64
3-Jul-2014
Suvenir Vienna
5.5
Kuncir rambut
1.95
Blaguss: Vienna-Bratislava
7.2

4-Jul-2014
No expenses





Notes: all in euro
TRS: Transportasi 
F&B: Makan dan minum
ACC: Akomodasi
OTH: lain-lain

Vienna kira-kira sama mahalnya dengan Berlin di Jerman. Tapi saya masih bisa surplus sedikit. Untuk transportasi getting around, saya membeli tiket unlimited 48 jam yang berlaku di area Vienna termasuk bus, tram, dan metro. Untuk makan sahur dan berbuka puasa, saya membeli makanan siap masak dan roti di supermarket. 

The majestic Schloss Schonbrunn in Vienna
Total 42.39 euro untuk 3 malam di Vienna, yang artinya 14.13 euro per hari. Ini sudah termasuk beli suvenir dan beli tiket bus ke Bratislava. Mungkin hemat karena puasa sih... eh, nggak juga kok, hehe

-@travelitarius seeing a grand and pretty cathedral is on of her reasons to go to Europe
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Wah, nggak terlalu mahal juga ya :O biaya sehari - harinya. Yang bikin mahal sih tiket pesawatnya ya~ ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu lagi bulan puasa jadi hemat nggak banyak jajan. Aku juga banyak belanja di supermarket supaya hemat. Embeer... tiket pesawat bisa sepertiga dari biaya total... makanya kalau ke Eropa sekalian lama, hehehe

      Delete
  2. mbak transportasi apa yang murah dan efisien untuk rute Colmar (Perancis)-Frankfurt-Vienna-Prague dan rekemondasi host yang baik dari Couchsurfing untuk ketiga kota tersebut. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. riset sendiri di www.rome2rio.com ya. host CS nggak kayak hotel yang bisa direkomendasiin ke orang lain, sign up aja dan cari sendiri host yang cocok

      Delete