Sehari di Lake Bled, Slovenia

2 comments
Setelah lama ngimpi-ngimpi pengen ke Lake Bled gara-gara ngeliat gambarnya di salah satu artikel travel, danau ini jadi salah satu tujuan utama saya di Eropa. Slovenia dan ibukotanya Ljubljana sendiri menurut saya keren banget karena landscape alamnya yang nggak biasa. Kalau kita ke pusat kota Ljubljana, cukup jalan kaki sekitar 45 menit, kita sudah ketemu jajaran bukit buat treking. Apalagi kalau kita lihat gambar-gambar kota lain seperti Piran dan Maribor. Saya sih setuju banget dengan slogan pariwisata Slovenia: "I feel SLOVEnia", satu-satunya negara di dunia yang punya "Love" di namanya. Cieileh, romantis...
I feel it too!
(Courtesy of www.slovenia.info)
Kembali ke Lake Bled, danau ini terletak di area Julian Alps, dan termasuk dalam kategori danau glasial dan tektonik. Luas danau ini cuma 1.45 km persegi, tapi kalo dikelilingin jalan kaki lumayan bikin gempor, ehehe. Di tengah-tengah danau ini terdapat pulau kecil bernama Bled (obviously) dan dibangun Church of Assumption of Mary (Cerkev Marijinega vnebovzetja). Pada sisi danau terdapat tebing tinggi dan bertenggerlah Bled Castle (Blejski Grad), kastil tertua di Slovenia yang dibangun pada tahun 1011. Indonesia masih ngapain yah...
Bled Castle di atas tebing. Saya gak ke atas, lagi puasa dan tinggi banget bo! Pegunungan di belakangnya adalah Julian Alps dengan Mount Triglav sebagai puncak tertinggi
Getting There

Alokasikan waktu 1 hari di sini supaya bisa menikmati dengan maksimal. Dari terminal bus Ljubljana (letaknya persis di depan Ljubljana Central Station) langsung saja cari bus jurusan Bled. Bus ini berangkat 1 jam sekali dan kamu tidak perlu membeli tiket di loket tiket. Langsung saja bayar ke supirnya seharga EUR 6.30. Kalau beli di loket akan dikenakan charge tambahan biaya admin sebesar EUR 1.50, huuuu, mending buat beli makan! Perjalanan sekitar 1 jam dan kita akan diturunkan tak jauh dari danaunya. 

Getting Around

Kota Bled sendiri kecil, kamu tinggal jalan kaki 10 menit dan akan melihat danaunya. Sumpah cantik banget! Kalau kamu mau ke kastilnya, silakan naik beratus-ratus anak tangga untuk ke atas. Ini dia danaunya, taraaa...

Walaupun mendung, tapi tetep cakep fotonya. No edit, no filter loh...
Church of Assumption Mary di Bled Island

Walking is the best way to get around. Ada sih tram turis yang dijamin bikin kamu terlihat malas dan tajir, tapi kalau jalan kaki, kita bisa sambil ngeliat-liat bebek dan angsa, berenang (terbatas hanya di area tertentu), memancing, piknik, atau sekedar duduk-duduk santai ngobrol. Toh waktu kita cukup banyak.

Kalo airnya jernih banget gini, saya juga mau jadi angsa :p
Papan utama penunjuk Bled Castle (catatan 15 menit jalan kaki gak berlaku buat orang Indonesia!)
Maafkan kenarsisan kaki gaban saya
Trek jalan kaki di sepanjang keliling danau

Seandainya saya masih kecil dan masih layak naik perahu karet...

Hutan di sekitar danau
Karena saya waktu itu berpuasa, jadi nggak bisa review tempat makan atau minum yang enak di sekitar sini. Tapi di jalanan utama kota Bled banyak restoran dan tempat jajan. 

Slovenia adalah salah satu negara yang paling berkesan buat saya. Kalau saya ke sini lagi, saya pengen kemping di Triglav National Park dan muter-muter Slovenia sampe tuntas. Cakep banget sih!

Total biaya: EUR 20.10
Bus dari rumah host ke terminal bus Ljubljana EUR 1.20
Bus dari Ljubljana-Bled EUR 7.80 (termasuk charge admin 1.50)
Bus dari Bled-Ljubljana EUR 6.30
Belanja makanan di Mercator EUR 4.80
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments

  1. Hai salam kenal, baru nemu tulisan ini dan kayanya Lake Bled termasuk salah satu lokasi yang masih jarang di datengi turis dr Indonesia ya
    Aku dan bbrp temen2 berencana kesana tahun depan
    Cuma pengennya ambil start dr stasiun Lesce Bled, bukan dr Ljubljana, jadi mau stay satu malam di Bled
    Tau gak harga tiket dari stasiun Lesce Bled ke Bled nya which is cuma 1-2 pemberhentian doang
    Thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah naik kereta ke sana, jadi nggak tahu informasi harga tiketnya. Googling aja sendiri. Paling enak sih naik bus soalnya udah deket banget sama danaunya :)

      Delete