Pengeluaran Backpacking di Amsterdam #15EurosPerDay

2 comments
Setelah baca post pertama tentang pengeluaran di Paris, udah cukup kebayang dengan pengeluaran 15 euro per hari kan? Cukup optimis bisa selesaikan Eropa, hehe. Setelah sukses berhemat di Paris, pergilah saya ke Amsterdam menggunakan Megabus dengan waktu tempuh 8 jam. Di kota ini saya defisit anggaran karena rumah host saya di kota Almere, sekitar 33 km dari Amsterdam. Untung di Paris sempet surplus! Huhuhu...

Pengeluaran selama di Amsterdam
Hari ke
Tanggal
Pengeluaran
TRS
F&B
ACC
OTH
TOTAL
THE NETHERLANDS: Amsterdam
55.55
12-Jun-2014
Tiket kereta ke Almere Buiten
7.3
Tiket tram ke Amsterdam Centraal
2.8
Salmon tagliatelle (lunch)
3.5
Snack (Twix & Bounty)
2.1
13-Jun-2014
Tiket bus ke Amsterdam
5
Tiket Amsterdam 24h
7.5
Toilet di stasiun Centraal
0.5
Magnet windmill
1
Suvenir klompen mini
3
Calzone kebab (lunch)
2
Parkir mobil
1
Tiket kereta ke Almere Buiten
7.3
14-Jun-2014
Tiket kereta ke Amsterdam Centraal
6.8
Tiket tram ke Zuiderzeeweg
2.8
Snack sarapan (roti manis)
2.95
Notes: all in euro
TRS: Transportasi 
F&B: Makan dan minum
ACC: Akomodasi
OTH: lain-lain

Tiket kereta non-ekspress yaitu InterCity dari Amsterdam Centraal ke Almere Buiten seharga 6.8 euro jika dibeli di mesin tiket (tidak menerima uang kertas) atau di loket dengan tambahan 0.5 euro sebagai booking charge. Mahalnyaaa... Kata host saya Mbak Maria, orang Indonesia yang sudah puluhan tahun di Belanda, harga tiket kereta di Belanda memang mahal, bahkan untuk orang Belanda sekalipun. Hiks.. hiks...

55.55 euro dibagi menjadi 2 malam di Amsterdam, jadi 27.78 euro per hari. Defisit!
*tenang saja, di kota-kota berikutnya saya surplus banyak, jadi bisa menutupi defisit di Amsterdam

-@travelitarius adores the hip of red light district in Amsterdam, haha
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments

  1. Hai, aku abis baca blognya iseng iseng dan walau lagi di Belanda selama beberapa bulan aku tetap amazed sama cara Mbak menghemat pengeluaran di sini, bahkan aku yang dibayar di sini pun susah banget neken biaya keretanya :((((


    Akal - akalan aku pake Dagkaart, yang sebenernya ngga setiap waktu ada sih. Jadi untuk kereta, dengan beli di Blokker atau Albert Heijn sebesar 15 euro (kembalian 50 sen lah), bisa keliling naik kereta pake kartu itu selama seharian penuh. Jadi 2 hari lalu aku pun iseng mencoba kereta tersebut dengan prinsip ngga mau rugi. Dari Amersfoort aku ke Leiden, jalan jalan cantik terus ke Den Haag, bolak balik terus ke Rotterdam dari Rotterdam pun kembali ke Amersfoort. Dan itu hanya 15 euro ajah, padahal kalo normal aku menghabiskan 80 euro a.k.a 1.120.000 IDR!! Mantep kan???
    Jadi aku pun ngga tanggung tanggung beli dagkaart sampe 5 buah dan maunya nambah sih secara masih lama banget di sini, hihi. Salam kenal ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Anila. Iya, nih Amsterdam bikin proyek 15 euro per hari gagal, hehehe...

      Wah, makasih banyak infonya ya, saya baru tahu yang namanya Dagkaart. Salam kenal juga yaa

      Delete