Nyekar ke Makam Beethoven di Vienna Zentralfriedhof

4 comments
Kalo Paris punya Pere Lachaise Cemetery yang dijadiin destinasi turis buat nyekar makam Jim Morrison dan banyak orang terkenal lain, Vienna juga punya. Kalau mau coba wisata yang aneh-aneh di Vienna, silakan kunjungi Zentralfriedhof (Central Cemetery) yang terletak di kawasan Simmering. Kompleks makam ini adalah salah satu yang terbesar di dunia dengan luas 2.4 km persegi dan lebih dari 3 juta orang dikubur di sini. 2 kali lipat lebih banyak dari penduduk Vienna yang masih hidup. Bayangin gedenya kayak apa, halte tram-nya aja ada 3 buat masing-masing pintu gerbang!

Tor 2: Pintu kedua dan utama, kalau mau langsung ke Beethoven, masuk melalui pintu ini saja
Dibuka pada tahun 1874, kompleks makam ini terbagi-bagi ke beberapa agama seperti Katolik Roma, Protestan (termasuk Lutheran dan Calvinism), Yahudi, Islam, beberapa aliran Ortodox (Rusia, Yunani, Romania, Bulgaria, Serbia, Koptik), dan Buddha, yang terakhir ditambahkan pada 2005. 

How to get there
Naik tram no 6 , 72, atau 71 dari pusat kota Vienna dan turun di Zentralfriedhof Tor 2, pintu kedua sekaligus pintu utama. Karena kompleks ini besar sekali, lebih baik langsung turun di pintu kedua karena sudah dekat sekali dari makam Beethoven. 

Naik tram 72, 71, atau 6 dan turun di Zentralfriedhof Tor 2
Nggak cuma Beethoven saja yang dikubur di sini, terdapat section khusus kuburan musisi atau komposer. Brahms, Strauss I dan II, Schubert, dan lainnya yang saya nggak pernah dengar. Terdapat juga monumen untuk Mozart, tetapi Mozart tidak dikubur di sini (makam yang sebenarnya tidak ada yang tahu).

Musiker section, tempat di mana sebagian besar komposer terkenal dikubur
Ini dia musiker section!

The most visited tomb: Beethoven's
Strauss dan Brahms


Kalau saya sendiri sih, kompleks makam ini nggak ada serem-seremnya soalnya kuburannya bagus-bagus banget. Beberapa keluarga bangsawan malah udah membeli lahan untuk makam anggota keluarganya, bahkan untuk yang masih hidup. Saya heran sama bangsa Eropa, semua sudut dibuat karya seni sampai makam pun punya nilai seni tinggi. Beberapa patung serumit benda museum Louvre loh. Hebat!

Kuburan entah siapa, yang penting cakep
Salah satu contoh kuburan keluarga
Random tombs

Another random sections
Menurut saya, tempat in recommended kalau udah nggak tahu mau ke mana lagi di Vienna. Selain kita bisa bawain bunga untuk Beethoven, aura tenang dan sepi dari turis bisa bikin sedikit rileks. 

-@travelitarius cemetery, what an off-beaten path to explore a city

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Menarik! Jarang - jarang bisa mengunjungi peristirahatan terakhir sang maestro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Off the beaten path-nya Vienna nih, recommended

      Delete
  2. Pernah belajar salah satu simponi fur elise-nya beethoven waktu jaman smp dulu. Benar2 ngidolain ini, bahkan hampir semua password punya kata kunci tambahan namanya oops hahaha
    Semoga bisa kesini suatu hari, semoga saja tahun depan. amiiin ya kakaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya semua komentar kamu perlu diaminin ya Bob, hahaha. Amiiiin!

      Delete