Perjalanan Dimulai #OneYearAgo

4 comments
Day 1: 8 Juni 2014

Selama 50 hari ke depan, saya akan menulis 1 hari 1 post tentang travel diary saya selama traveling ke Eropa sendirian. Diary ini saya compile dari buku diary yang pernah saya bawa-bawa ke sana, kejadian, kesialan, kesan, cerita, dan semua yang pernah terjadi selama di sana. Mungkin saya akan malas luar biasa menulis setiap hari, tetapi ini sebagai aksi melawan lupa dan berbagi cerita ke pembaca.

Tepat 1 tahun yang lalu saya sedang dalam perjalanan menuju bandara Soekarno-Hatta Terminal 2 untuk PERGI KE EROPAAAH! Penerbangan akan dibagi menjadi 2 leg. Leg 1 Jakarta ke Kuala Lumpur menggunakan Lion Air JT280 keberangkatan pukul 11:40. Leg 2 Kuala Lumpur ke Paris menggunakan Malaysia Airlines MH20 keberangkatan pukul 23:40 waktu setempat.

Saya diantar oleh sekeluarga saya ke bandara. Waktu itu perasaan saya campur-campur, ada sedih, senang, khawatir, takut, dan semangat. Jujur saja, waktu itu lebih banyak takutnya dari pada senangnya. Mungkin kalau saya punya teman jalan, saya nggak akan setakut itu. Tapi saya selalu mikir ini di kepala, "... remember why you are started... remember...

Selfie before farewell!
Setelah memeluk keluarga saya untuk berpamitan dan meminta doa kepada orang tua, saya pun masuk ke check-in hall terminal 2. Kali ini saya benar-benar sendirian. Saya terus-menerus melihat keluarga saya yang sedang berjalan keluar terminal, ada perasaan ingin menyerah saja saking takutnya. Tapi untung kaki saya nggak pernah dengerin otak, dia jalan terus sampai ke konter check in dan ke gate keberangkatan.

So far so good. Saya sampai di KLIA2 yang alaihim gedenya dengan berjalan santai sambil foto-foto runway. Waktu itu, saya nggak cukup banyak uang buat pergi ke pusat kota KL walaupun transit 9 jam-an. Saya keliling bandara aja sambil ngenet dan nulis diary di KFC. Bosen ngenet, saya mulai mendatangi toko-toko buku dan membaca. Pindah ke KLIA, saya langsung saja check in MH20 walaupun jam keberangkatan masih sekitar 5 jam lagi. Bosen, saya tiduran di viewing gallery, ngeliatin pesawat pada parkir dan pergi.

Viewing gallery KLIA2 cuma ngeliatin A320 doang, sih, hehehe
MH boarding pass
Pesawat yang saya naiki adalah pesawat komersial terbesar di dunia, A380-800! Yihaaa... akhirnya kesampaian juga naik mama bird ini!

A380-800, the biggest commercial aircraft in the whole planet (image courtesy of www.planes.cz)
Pesawat full 2 lantai ini melayani rute London Heathrow dan Paris CDG untuk maskapai MH. Kalau ditanya, "Lu nggak takut naik MH?" karena memang waktu itu MH370 baru-baru saja hilang, saya jawab aja "Bismillah aja. Lagian, lebih besar peluangnya gue mati dalam perjalanan ke bandara dari pada pas di pesawat." Eh, beneran loh, ada statistiknya.

Saya suka bandara dan stasiun karena di dua tempat itu, banyak cerita dan kebahagiaan. Traveler pergi ke tempat yang baru, keluarga yang mengunjungi satu sama lain, teman yang lama tidak bertemu, atau perjalanan pulang ke rumah.

Pas saya sudah duduk anteng di deket gate, petugas memberitahukan bahwa gate dipindah dan penerbangan ditunda 45 menit! Apaah? Saya langsung WhatsApp Francois, host Couchsurfing saya di Paris dan memberitahukan bahwa saya akan terlambat datang. Awalnya, saya akan bertemu dia sebelum berangkat kerja. Lalu, karena delay, Francois bilang, taruh saja backpack saya di concierge apartemennya karena dia akan sudah pergi bekerja dan akan kembali sore hari. Oke, problem settled dan saya sudah tahu caranya dari Charles-de-Gaulle Airport ke apartemennya.

Selama 13 jam perjalanan non stop dari KL ke Paris, MH memberikan 2x makan besar. Sekali dinner dan sekali breakfast, lengkap dengan appetizer, desert, dan snack. Kursinya cukup luas, diberikan bantal dan selimut, minuman non-stop, dan cabin crew-nya helpful. 13 jam itu saya nggak bisa tidur karena masih khawatir sama perjalanan panjang ini, lalu saya habiskan untuk menonton film dan serial dari AVOD yang ada di tiap kursi.

Off we go to Paris!

-@travelitarius I found happiness in the simplest of things
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

1. whoaaa~ envy bisa naik A380-800 XD aku pengen banget naik pesawat ini loh~

1. naik Emirates lah kaka... Maskapai dg rute A380 terbanyak :)

2. Ah Eropah ini masih wish list dan semoga bisa trealisasi dalam beberapa tahun amin2